Kamis, 03 April 2014

PENJELASAN UMUM MICROSOFT VISUAL BASIC

Penjelasan Umum Microsoft Visual Basic
Visual basic merupakan bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Microsoft dan termasuk kedalam bahasa pemrograman tingkat tinggi. Visual basic digunakan dalam pengembangan multimedia, WEB dan database. Pengolahan database dapat dijalankan secara cepat karena Windows sendiri telah mendukung  Visual Basic dengan banyaknya library yang disediakan. Visual basic mempunyai kemampuan  akses database dan akses hardware yang tidak terlalu rumit, dikarenakan banyak vendor hardware merekomendasikan drivernya dalam flatform Windows.
Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).
Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat.
Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.
Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan.
Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005 menunjukkan bahwa 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java.
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh, Saya Agistya Maharani Joner ingin  memaparkan serangkaian penjelasan dan tutorial mengenai Microsoft Visual Studio 2008, disini saya akan memberikan langkah-langkah untuk membuat suatu program aritmatika penghitungan volume dan penggunaan Input/Output dengan bahasa pemrograman VB.net  . Volume yang menjadi objek saya untuk dijadikan contoh dalam penjelasan tutorial ini adalah volume tabung. Berikut penjelasan dan tutorialnya :
Pertama-tama kita membuka Microsoft Visual Studio. Contoh dibawah ini menggunakan Microsoft Visual Studio 2008 maka, akan muncul laman seperti dibawah ini :
Image
Didalam laman tersebut kita dapat menemukan Create : Project | Website …, anda dapat memilih Project
Image
Karena program yang akan kita buat adalah sebuah program visual basic maka pilih visual basic pada pilihan sebelah kiri dan pilih Windows Form Application pada pilihan sebelah kanan.  Seperti yang dapat kita lihat, dibawah kolom Project Types and Templates. Kita dapat memberi/mengganti nama file yang akan kita buat. Kemudian klik ok.
Image
Setelah mengklik ok, kita akan masuk kedalam halaman kerja form yang akan kita buat :
Image
Masukan beberapa toolbox (yang berada disebelah kiri form) yang kita butuhkan , dalam contoh ini kita membutuhkan 3 buah label, 3 buah textbox dan 3 buah button.  Untuk memasukkannya kita dapat mengklik  sebanyak 2 kali atau melakukan drag and drop.
Image
Setelah memasukkannya ,maka tampilannya dapat dirapikan sesuai dengan kebutuhan, dalam contoh ini button, label dan textbox diatur seperti berikut :
Image
Label1, label2, dan label 3 dapat diganti dengan nama/sebutan lain seperti Jari Jari, Panjang dan Volume. Sebutan ini kita ganti sesuai dengan rumus yang ingin kita buat. Untuk menggantinya kita dapat melihat properties dipojok kanan bawah yang bertuliskan Text. Kita ganti Text tersebut dengan sebutan/nama yang ingin kita pakai.
Image
Kita mengganti Label 1 dengan Jari Jari, Label 2 dengan Panjang dan Label 3 dengan Volume. Selain itu kita juga dapat mengganti Button 1 , Button2, dan Button 3 dengan Text Mulai, Hitung, dan Selesai.
Image
Untuk mempermudah kita juga dapat mengganti name button 1, button2, dan button 3 dengan  BtnMulai, BtnHitung, dan Btn Selesai, dengan begitu pekerjaan kita akan lebih rapi dan lebih mudah dibedakan.
Image
Tidak lupa juga agar lebih mudah dalam membedakan textbox Jari Jari, Panjang, dan Volume. Kita dapat mengganti name masing-masing textbox sesuai dengan peruntukkannya :
Image
Kelihatannya memang sudah rapi dan sudah selesai namun apabila kita start debugging dan klik masing-masing dari tombol mulai , hitung dan selesai. Maka tidak akan ada yang muncul atau berubah. Oleh karena itu, kita membutuhkan coding yang akan kita masukkan agar ketika program tersebut di play, program tersebut dapat menghasilkan sesuatu.
Pertama-tama lakukan double klik pada tombol hitung, setelah itu akan muncul seperti ini :
Image
Kemudian kita isikan coding berdasarkan rumus yang ingin kita buat. Dalam contoh ini adalahrumus volume tabung yaitu : ∏ x Jari Jari x Jari Jari x Panjang.
Image
TxtVolume.Text digunakan untuk menandakan textbox dimana hasil dari rumus volume tabung akan dikeluarkan. Sedangkan 3,14 x TxtJari.Text x TxtJari.Text x TxtPanjang.Text adalah penulisan coding untuk menyatakan rumus volume tabung.
Selanjutnya  double klik pada tombol mulai  dan isikan kembali coding seperti ini :
Image
TxtJari.Text = ” ” berarti ketika kita mengklik tombol mulai maka textbox Jari Jari akan kembali kosong, begitupun sama penjelasannya dengan yang lain. Sedangkan, TxtJari.Focus() berarti bahwa mulainya akan di fokus pertama yaitu TxtJari. Dengan begitu, ketika kita mengklik tombol mulai maka semua yang telah kita hitung kembali lagi kosong seperti awal atau bisa dikatakan bahwa kita siap memulai hitungan baru dengan angka yang baru.
Yang terakhir adalah coding untuk tombol selesai, kita menginginkan agar ketika kita mengklik tombol selesai maka kita akan mengakhiri proses hitungan kita. Namun, disini kita harus membuat konfirmasi mengenai jadi atau tidaknya proses hitungan kita diakhiri. Konfirmasi tersebut dapat kita bentuk melalui coding. Inilah codingnya :
Image
Didalam coding ini terdapat MsgBox agar ketika kita mengklik tombol selesai ,maka akan muncul messagebox berisi konfirmasi.
Setelah melakukan coding, saatnya kita mencoba mengklik icon start debugging :
Image
Ketika melakukan start debugging maka akan muncul tampilan seperti ini :
Image
Kita masukkan angka untuk menguji apakah jawaban dari rumus volume tabung ini benar atau tidak. Masukkan Jari-Jari dengan angka 2 dan Panjang dengan angka 3. maka rumusnya akan ∏ x r x r x p. jadi 3,14 x 2 x 2 x 3 = 37,68
Image
Setelah semuanya benar, ketika kita mengklik tombol mulai maka akan kembali kosong dan memulai yang baru. Sedangkan, apabila kita mengklik tombol selesai yang muncul akan seperti ini :
Image
Apabila kita memilih Ok maka, kita akan mengakhiri proses penghitungan. Jika kita memilih Cancel maka kita akan tetap berada pada proses penghitungan yang sama. Sekian penjelasan dan tutorial dari Saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar